Media pembelajaran berbasis web dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar hal ini penting karena sebagian besar hasil belajar siswa di SD Negeri 02 Sungai Talang kelas IV cendrung menurun pada materi menganalisis pesan dan informasi dalam media digital. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media web. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis-Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada 24 siswa kelas IV di SD Negeri 02 Sungai Talang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Instrumen pengumpulan data menggunkan lembar observasi, asesmen formatif, jurnal refleksi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke Siklus II dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media web. Hasil tersebut menunjukan bahwa siswa telah menunjukkan kesungguhan dalam pembelajaran sehingga penelitian ini mampu untuk meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2025