ABSTRAK  Bidang Radiologi Kedokteran Gigi sangat berhubungan dengan paparan radiasi. Setiap paparan radiasi akan memberikan efek kepada tubuh kita baik sebagai pasien maupun sebagai operator. Efek biologis yang di terima oleh tubuh ini sering dikenal sebagai efek stokastik dan efek deterministik. Tujuan dari pemeriksaan radiologi adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien melalui teknologi radiologi. Dari hasil rekam gambar akan diketahui kondisi pasien. Berdasarkan dari hasil rekam gambar tersebut akan ditentukan diagnosis dan rekomendasi penanganan atau pengobatan. Tindakan-tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter gigi seringkali membutuhkan foto rontgen. Akan tetapi faktor geografis, demografis dan sosiologis, terkadang mengakibatkan pasien tidak dapat menjangkau fasilitas rontgen tersebut. Begitu juga pengetahuan masyarakat tentang pentingnya foto rontgen gigi dalam menentukan tindakan yang dilakukan. Masih banyak asumsi di masyarakat bahwa foto rontgen gigi kurang dibutuhkan sebelum dilakukan tindakan, misalnya pada pasien yang ingincabut gigi atau melakukan perawatan saluran akar. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas media poster dan media sosial sebagai alat edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemeriksaan rontgen di kedokteran gigi. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest deengan responden adalah siswa SMK Bhakti Praja Batang, dengan metode  stratified random sampling. Pada penelitian ini diperoleh 27 sample, Data dianalisis menggunakan hasil analisis deskriptif dan uji statitistik independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat pemahaman masyarakat setelah intervensi (p<0.05). Edukasi berbasis media digital dan visual terbukti efektif dalam meningkatkan literasi masyarakat tentang pemeriksaan rontgen. Kata Kunci: Edukasi, Radiologi, Kedokteran Gigi, Media Sosial, Poster  ABSTRACT The field of Dentomaxillofacial Radiology is closely related to radiation exposure. Any exposure to radiation has an effect on our bodies, both as patients and as operators. These biological effects received by the body are often known as stochastic effects and deterministic effects. The purpose of a radiological examination is to determine the patient's health condition through radiological technology. From the results of the image recording, the patient's condition will be known. Based on the results of the image recording, a diagnosis and recommendations for treatment or treatment will be determined. Based on daily procedure dentists often require x-rays. However, geographical, demographic and sociological factors sometimes result in patients not being able to reach the X-ray facility. Likewise, public knowledge about the importance of dental x-rays in determining what action to take. There are still many assumptions in society that dental x-rays are not needed before any action is taken, for example in patients who want to have their teeth extracted or undergo root canal treatment. This research aims to evaluate the effectiveness of posters and social media as educational tools to increase public understanding about x-ray examinations in dentistry. The study used a quasi-experimental design with a pretest-posttest approach with respondents being students of SMK Bhakti Praja Batang, with a stratified random sampling method. In this study, 27 samples were obtained. Data were analyzed using descriptive analysis results and independent t-test statistical tests. The results showed a significant increase in the level of community understanding after the intervention (p<0.05). Education based on digital and visual media has proven effective in increasing public literacy about x-ray examinations. Keywords: Education, Radiology, Dentistry, Social Media, Posters
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025