Jurnal Malikussaleh Mengabdi
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Malikussaleh Mengabdi, Oktober 2025

Efektivitas Pembelajaran Membaca dan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Mawarni, Khalista Bunga (Unknown)
Julianti, Eka Santika (Unknown)
Sulangkar, Girirangga (Unknown)
Kurniasari, Efi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program les membaca dan pemanfaatan media pohon literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa SDN Sinarmulya, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 hingga 4 yang mengalami kesulitan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program les membaca membantu siswa dalam meningkatkan kelancaran membaca dan pemahaman teks, sementara media pohon literasi memberikan motivasi visual dan emosional yang positif dalam menumbuhkan minat baca. Kombinasi kedua pendekatan ini terbukti efektif dalam membentuk fondasi literasi yang kuat dan berkelanjutan pada siswa sekolah dasar Kata kunci: Les Membaca, Pohon Literasi, Kemampuan Membaca, Literasi Siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Malikussaleh Mengabdi (JMM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh (LPPM UNIMAL) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...