Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi sorotan utama dalam memajukan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM tak hanya berperan strategis dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan ekonomi lokal, namun juga menjadi sumber inspirasi bagi inovasi dan kreativitas. Kelurahan Kedungwuni Timur merupakan wilayah di kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Profesi mayoritas warga Kelurahan Kedungwuni Timur bergerak dalam bidang UMKM Fashion. Kendala saat ini pihak konsumen sudah dengan mudah membandingkan suatu produk. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah strategi penjualan dengan memanfaatkan konsep Teknologi Informasi salah satunya menggunakan teknik Data Mining. Algoritma C4.5 merupakan algoritma dari data mining yang digunakan untuk memprediksi strategi penjualan produk UMKM dengan nilai akurasi yang didapat sebesar 82.78%. Untuk meningkatkan nilai akurasi maka digunakan fitur seleksi forward selection sehingga menghasilkan akurasi sebesar 86.11%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025