PMSDU
Vol. 3 No. 2 (2025): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2025

Penguatan Pembelajaran Kontekstual melalui Program Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Manajemen SDM Sektor Publik

Hutagalung, Simon Sumanjoyo (Unknown)
Apandi (Unknown)
Utami, Annisa (Unknown)
Fadoli, M.Irsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Masih terdapat kesenjangan antara pemahaman teoritis mahasiswa dengan praktik birokrasi dalam pembelajaran Manajemen SDM Sektor Publik di Universitas Lampung. Tujuan program ini adalah menjembatani kesenjangan tersebut melalui Praktisi Mengajar, yakni pelibatan langsung praktisi birokrasi dalam pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan metode studi kasus, diskusi, dan simulasi. Mitra kegiatan adalah praktisi dari instansi pemerintahan, dengan 74 mahasiswa sebagai peserta. Evaluasi dilakukan melalui survei pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan soft skill berupa kerja sama (68%), motivasi belajar (65%), dan kemampuan problem solving (61%), serta peningkatan kemampuan menerapkan konsep (63%) dan relevansi materi pembelajaran (58%). Sebanyak 70% mahasiswa menilai program ini sebagai inovasi pembelajaran yang potensial dan 75% menilai kolaborasi dosen dan praktisi sangat baik. Program ini terbukti efektif dan layak direplikasi sebagai model pembelajaran kolaboratif di sektor publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pmsdu

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

PMSDU : Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul di terbitkan oleh LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, pendidikan, teknik, pertanian, pertenakan, sosial ...