Manajemen Pendidikan
Vol. 12., No. 1, Januari 2017

Unsur-Unsur Dinamis Pembelajaran Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Siswa MTs

Hatta, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini ada empat, pertama menguji dan menganalisis kontribusiunsur-unsur dinamis pembelajaran, fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan siswa, kedua, menguji dan menganalisis kontribusi unsur-unsur dinamis pembelajaran terhadap kepuasan siswa , ketiga, menguji dan menganalisis kontribusi fasilitas belajar terhadap kepuasan siswa,keempat menguji dan menganalisis kontribusi motivasi berprestasi terhadap kepuasan siswa. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian ex-post facto dengan teknik korelasional . Penelitian dilaksanakan di MTs Ta’ mirul Islam Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016dengan sampel 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling dengan menggunakan tabel kracjie. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi ganda setelah sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.Hasil penelitian ada empat, (1) ada kontribusi unsur-unsur dinamis pembelajaran, fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi pada signifikan 0,05 terhadap kepuasan siswa sebesar 27,5%, (2) ada kontribusi unsur-unsur dinamis pembelajaran pada signifikan 0,048 terhadap kepuasan siswa dan memberikan sumbangan efektif sebesar 6,49%, (3) ada kontribusi fasilitas belajar pada signifikan 0,012 terhadap kepuasan siswa danmemberikan sumbangan efektif sebesar 9,69%, (4) ada kontribusi motivasi berprestasi pada signifikan 0,05 terhadap kepuasan siswa dan memberikan sumbangan efektif sebesar 11,32%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Manajemen Pendidikan is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Master of Education Management, Universitas Muhammadiyah Surakarta and published by Muhammadiyah University Press (MUP). This Journal is published twice a year (June and December). The journal ...