Manajemen Pendidikan
Vol. 12., No. 1, Januari 2017

Penerapan Strategi Kooperatif NHT dan TPS dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa SMP

Muryanti, Muryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadaphasil belajar matematika ditinjau dari Adversity Qoutient (AQ) siswa. Strategipembelajaran yang dibandingkan adalah strategi pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together (NHT), strategi pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair Share (TPS), dan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen semu. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswakelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan denganteknik sampling acak atau teknik sampling random (random sampling tecbnique).Diperoleh sampel berjumlah 95 siswa, dengan rincian 31 siswa pada kelompok eksperimen satu, 32 siswa pada kelompok eksperimen dua, dan 32 siswa kelompokkontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dan angketAQ. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel taksama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Strategipembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan hasil belajar matematika yang lebihbaik dibandingkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS dan pembelajaranekspositori. Strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS memberikan hasil belajaryang lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori pada materi bangunruang sisi datar. (2) Siswa kategori climbers mempunyai hasil belajar matematikayang lebih baik dibandingkan siswa kategori campers dan quitters. Siswa kategoricampers mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswakategori quitters. (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran denganAQ siswa terhadap hasil belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh strategipembelajaran terhadap hasil belajar matematika tidak tergantung pada kategori AQ.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Manajemen Pendidikan is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Master of Education Management, Universitas Muhammadiyah Surakarta and published by Muhammadiyah University Press (MUP). This Journal is published twice a year (June and December). The journal ...