Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Pelatihan Kecerdasan Artifisial (AI) dalam Pembelajaran Agama: Menjembatani Tradisi dan Inovasi Digital dalam Pembentukan Karakter

Suswakara, Ignasius (Unknown)
Rifanny, Oliva (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Artikel ini membahas pelatihan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) di Flores dalam memanfaatkan kecerdasan artifisial (AI) untuk pembelajaran, menjembatani tradisi dengan inovasi digital. Melalui pendekatan analisis kebutuhan, diketahui bahwa 53% guru telah memiliki pengalaman dasar dengan AI, namun penggunaannya masih terbatas pada aplikasi populer seperti Canva dan ChatGPT. Sebanyak 51% guru mengidentifikasi penyusunan modul ajar/RPP sebagai beban administratif utama. Pelatihan dirancang menggunakan model ADDIE yang diadaptasi, dengan penekanan pada prinsip verifikasi (mengacu pada Kitab Suci, dokumen Gereja, dan Katekismus) dan kontekstualisasi sesuai kearifan lokal Flores. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring melalui workshop interaktif, di mana peserta secara langsung mempraktikkan penggunaan berbagai tool AI. Evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta mencapai 98%, dengan 92% menyatakan pelatihan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mereka. Sebanyak 96% peserta merekomendasikan pelibatan dinas terkait untuk pelatihan yang lebih luas. Disimpulkan bahwa integrasi AI yang etis dan kontekstual dapat memberdayakan guru sebagai pendidik dan tokoh masyarakat, tanpa mengurangi peran sentral dan misi profetik mereka. Tindak lanjut yang direkomendasikan termasuk pelatihan lanjutan, pembentukan komunitas praktik, advokasi ke pemerintah, serta pengembangan bank materi berbasis AI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...