Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Penerapan Model Pembelajaran berbasis Kearifan Lokal Media Buku Cerita Budaya Betawi sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di SDN Jatinegara Kaum 01 dan 03 Jakarta Timur

Zakiah, Linda (Unknown)
Komarudin, Komarudin (Unknown)
Agustin, Nadya Dewinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini memiliki tujuan pendampingan kepada guru-guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan menggunakan media buku cerita budaya Betawi sebagai implementasi Kurikulum Merdeka. SDN Jatinegara Kaum 01 dan 03 terletak di wilayah Jakarta Timur yang merupakan tempat asal suku Betawi. Siswa dan guru di kedua sekolah tersebut ada sebagian berasal dari suku Betawi. Dengan demikian, sesuai dengan Kurikulum Merdeka bahwa setiap sekolah harus sudah mampu melakukan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Hal ini bertujuan agar budaya Nusantara yang ada di Indonesia dapat dipelajari oleh siswa dan terjaga kelestariannya. Sekolah mitra sangat membutuhkan adanya pelatihan yang signifikan dengan perkembangan Kurikulum Merdeka, sehingga sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan sepenuhnya. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini antara lain: sosialisasi berupa pendampingan atau pelatihan dalam bentuk workshop, baik secara teori maupun praktik dalam penerapan  pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan menggunakan media buku cerita budaya Betawi. Sosialisasi untuk mendorong peserta memahami model pembelajaran berbasis kearifan lokal dari aspek teoritis, workshop untuk pengembangan modul ajar berbasis kearifan lokal, serta praktik pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan menggunakan media buku cerita budaya Betawi. Desain model pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan menggunakan media buku cerita budaya Betawi diharapkan dapat dilaksanakan pada pembelajaran dikelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...