Pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya agar mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tilatang Kamang, dengan sampel dua kelas yaitu kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis data meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas varians menggunakan uji F, serta uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di tingkat SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024