Journal Basic Education Skills
Vol 1 No 2 (2023): JBES (Journal Basic Education Skills)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 13 Toboali

Sephia Ariska (Unknown)
Romadon (Unknown)
Sisi Pitriyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang lebih tertarik dengan belajar menggunakan media baru yang menarik seperti adanya gambar sehingga tidak membuat siswa merasa bosan. Mayoritas pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional seperti buku tematik yang disarankan oleh pemerintah, yang menyebabkan pembelajaran cenderung monoton, akibatnya berdampak pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah.Kurangnya pemanfaatan media dan model pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran LKPD Materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 13 Toboali yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan prosedur ADDIE dengan 5 langkah, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Teknik pengmpulan data yang di lakukan yaitu dengan teknik dan instrumen dengan metode angket (kuesioner).Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik penelitian kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, ahli media dan angket respon siswa terhadap media. Skor untuk ahli materi di peroleh sebesar 94% “sangat valid”, untuk ahli media diperoleh sebesar 72% “valid” dan angket respon siswa menggunakan media pembelajaran memperoleh skor 94% “sangat praktis”. Berdasarkan hasil dari data di atas bahwa media LKPD materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 13 Toboali bisa dikatakan valid dan praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbes

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JBES (Journal Basic Education Skills) is a collection of scientific articles resulting from research and literature reviews of teachers, lecturers and other educational practitioners related to education in elementary schools. This journal has coverage that discusses the study of Learning Models, ...