Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang lebih tertarik dengan belajar menggunakan media baru yang menarik seperti adanya gambar sehingga tidak membuat siswa merasa bosan. Mayoritas pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional seperti buku tematik yang disarankan oleh pemerintah, yang menyebabkan pembelajaran cenderung monoton, akibatnya berdampak pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah.Kurangnya pemanfaatan media dan model pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran LKPD Materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 13 Toboali yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan prosedur ADDIE dengan 5 langkah, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Teknik pengmpulan data yang di lakukan yaitu dengan teknik dan instrumen dengan metode angket (kuesioner).Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik penelitian kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, ahli media dan angket respon siswa terhadap media. Skor untuk ahli materi di peroleh sebesar 94% “sangat valid”, untuk ahli media diperoleh sebesar 72% “valid” dan angket respon siswa menggunakan media pembelajaran memperoleh skor 94% “sangat praktis”. Berdasarkan hasil dari data di atas bahwa media LKPD materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 13 Toboali bisa dikatakan valid dan praktis.
Copyrights © 2023