Pembelajaran terpadu menjadi fokus pendidikan di SD Negeri 16 Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran terpadu kelas 1 SD Negeri 16 Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran terpadu kelas 1 di SD Negeri 16 Pangkalpinang sudah cukup baik. Guru telah membuat rencana pembelajaran yang terintegrasi dengan semua mata pelajaran. Namun, dalam pelaksanaannya, masih ditemukan beberapa kendala, seperti kurangnya koordinasi antar guru dan kurangnya dukungan dari kepala sekolah. Evaluasi pembelajaran terpadu dilakukan melalui penilaian hasil belajar siswa, namun masih perlu ditingkatkan dengan melibatkan siswa dalam proses evaluasi. Kesimpulannya, perencanaan pembelajaran terpadu kelas 1 di SD Negeri 16 Pangkalpinang sudah cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan dalam pelaksanaannya dengan meningkatkan koordinasi antar guru dan dukungan dari kepala sekolah. Evaluasi pembelajaran terpadu perlu ditingkatkan dengan melibatkan siswa dalam proses evaluasi.
Copyrights © 2023