Journal Basic Education Skills
Vol 1 No 3 (2023): JBES (Journal Basic Education Skills)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MUATAN SILA PANCASILA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH TOBOALI

Novella, Sheras (Unknown)
Yuanita (Unknown)
Eka Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dan kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan media yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa menggunakan media gambar pancasila terhadap muatan sila pancasila di kelas III SD Muhammadiyah Toboali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalen Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Toboali yang terdiri dari 22 orang siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 22 orang siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknikkpengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes. Tes dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uj inormalitas, uji homogenitas, dan uji n-gain kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Terdapat peningkatan pemahaman siswa menggunakan media gambar pancasila terhadap muatan sila pancasila di kelas III SD Muhammadiyah Toboali terhadap pelajaran PPKn dapat dilihat dari perhitungan uji t-test diperoleh nilai thitung = 6,746 > ttabel 2,018 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan media gambar pancasila dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap muatan sila pancasila di kelas III SD Muhammadiyah Toboali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbes

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JBES (Journal Basic Education Skills) is a collection of scientific articles resulting from research and literature reviews of teachers, lecturers and other educational practitioners related to education in elementary schools. This journal has coverage that discusses the study of Learning Models, ...