Di era modern ini, masih banyak siswa yang kurang memiliki rasa empati terhadap sesama manusia. Nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak dari pendidikan Islam bisa bisa menjadi landasan dalam membentuk sikap sosial siswa. MAN 4 Jombang merupakan sekolah menengah atas berbasis keagamaan yang memberikan pengajaran melalui ekstrakurikuler salah satunya yaitu PMR. Fokus pada penelitian ini adalah:1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai PAI dalam pembentukan sikap sosial di MAN 4 Jombang? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai PAI dalam pembentukan sikap sosial siswa melalui program ekstrakurikuler palang merah remaja PMR di MAN 4 Jombang? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai PAI dalam pembentukan sikap sosial siswa melalui program ekstrakurikuler PMR di MAN 4 Jombang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, adapaun pendekatannya adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil pada penelitian sebagai berikut: 1) Proses internalisasi nilai- nilai PAI dalam pembentukan sikap sosial di MAN 4 Jombang dilakukan dengan cara keteladanan dan pembiasaan pada kegiatan sehari-hari di sekolah. Nilai-nilai yang di internalisasikan berupa: nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. 2) Sikap sosial yang bisa ditumbuhkan melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di MAN 4 Jombang ini diantaranya sikap kerja sama, sikap solidaritas, dan juga sikap tenggang rasa. 3) Pada proses internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam terdapat faktor yang menjadi pendukung dan juga penghambat dalam pembentukan sikap sosial siswa MAN 4 Jombang. Adapun faktor pendukungnya yaitu: pendidik, siswa, dan dukungan dari madrasah. Dan faktor penghambatnya yaitu: waktu dan jadwal yang saling bertabrakan.
Copyrights © 2024