Peran keluarga sangat penting dalam membimbing anak, terutama bimbingan yang yang lebih intensif pada anak usia berkembang yang sedang belajar di SD. Oleh sebab itu bimbingan dan pengawasan orang tua sangatlah penting untuk memperoleh perkembangan yang optimal dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, kendala, dan faktor keberhasilan orang tua terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah orang tua berperan terhadap pendidikan Islam pada anak sebagai tanggung jawabnya. Kendala tidak terlaksananya pendidikan agama Islam adalah kurangnya pemahaman ilmu agama dari orang tua, kesibukan orang tua dengan pekerjaannya, dan kemalasan pada anak. Adapun faktor keberhasilan orang tua adalah mampu mengajak anak mengikuti kegiatan keagamaan dan mengantarkan anak ke TPQ. Faktor keberhasilan dalam lingkungan lembaga pendidikan yaitu dipengaruhi oleh karakter siswa dan sarana prasarana yang ada di sekolah, dan faktor keberhasilan dalam lingkungan masyarakat adalah masyarakat berperan aktif dalam mendidik anak-anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023