Pemanfaatan perangkat pembelajaran yang masih tergolong kurang interaktif memberikan kesan kegiatan pembelajaran yang membosankan dan memberikan contoh-contoh dalam pembelajaran yang kurang kontekstual sehingga menyebabkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD interaktif melalui etnomatematika kelas I SDN Kemukus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Kemukus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan produk oleh ahli materi mencapai 76,25% dengan kategori “layak”, sedangkan penilaian ahli media sebesar 94,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil praktikalitas produk dinilai dari respon guru dan siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 98,9% dan 94,97% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 100% dan 96,92% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut, maka E-LKPD Interaktif Pengenalan Bangunan Susun Berbasis Etnomatematika Pangan Nusantara ini layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas I SDN Kemukus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025