Kita dapat mengatakan pembelajaran berhasil apabila tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat terpenuhi, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang baik. Hasil belajar dapat dipahami sebagai hasil dari proses belajar mengajar yang digunakan untuk menentukan berhasil atau tidaknya suatu program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan capaian hasil belajar siswa kelas IX pada materi sistem reproduksi manusia. Guru dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan membandingkan rerata hasil belajar siswa kelas IX pada materi sistem reproduksi manusia. Analisis data yang digunakan adalah uji Kruskal-Wallis dengan pertimbangan bahwa data yang dianalisis tidak berdistribusi normal, berasal dari lebih dari 2 kelompok data dan data tidak berpasangan. Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis yang telah dilakukan diketahui nilai Asymp. Sig 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IX-A, IX-C, IX-F, dan IX-G pada materi sistem reproduksi manusia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023