Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk kesalahan prefiks pada cerpen siswa kela XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Penelitian ini berfokus pada bagaimanakah bentuk kesalahan prefiks pada cerpen siswa kelas XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat dua puluh tulisan tangan yang merupakan hasil analisis karangan cerita pendek. Kesalahan penggunaan morfem imbuhan awalan afiks ditemukan pada saat menulis cerpen. Penggunaan awalan prefiks dalam afiksasi di-, ke-, per-, pe-, me(N)-, ter-, se-, dan ber-, tidak tepat seperti yang dikerjakan oleh siswa dalam karangan cerpen mereka, seperti menggunakan imbuhan yang salah. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah prefiks yang posisinya diikuti dengan kata tempat, banyak sekali kesalahan siswa yang menulis dengan digabung, saat ada kata yang menunjukkan kata tempat seharusnya penulisan prefiks yang benar adalah di pisah.
Copyrights © 2024