Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 1 (2025)

Problematika Pembelajaran Berpikir Kritis Teks Eksposisi di MTsN 6 Malang

Rahmi Yulianti (Unknown)
Yuni Pratiwi (Unknown)
Didin Widyartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi problematika dalam pembelajaran berpikir kritis teks eksposisi di MTsN 6 Malang. Berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang diperlukan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara objektif. Dalam praktiknya, pembelajaran keterampilan berpikir kritis melalui teks eksposisi sering kali menghadapi berbagai tantangan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, serta analisis dokumen pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika diantaranya pengembangan tujuan dan indikator dalam rencana pelaksanaan pembelajaran belum mengarah pada indikator berpikir kritis. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa belum terbiasa dengan pola analisis dan diskusi yang mendalam dengan berbagai sudut pandang. Dalam perangkat asesmen kemampuan berpikir kritis masih perlu ditingkatkan, terutama dalam variasi metode asesmen dan kualitas umpan balik yang diberikan kepada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...