Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 2 (2025)

Pemanfaatan Media Pembelajaran Gameshow Quiz Wordwall dalam Pemahaman Teks Deskripsi

Adinda Catur Rachmawati (Unknown)
Imam Suyitno (Unknown)
Nurhadi, Nurhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksploarasi terkait pemanfaatan media pembelajaran berupa wordwall dalam bentuk gameshow quiz sebagai bentuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi teks deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain concurrent, yang mana dalam pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hal ini data yang diperoleh melalui siswa kelas VII SMPN 1 Waru berjumlah 64 siswa. teknik sampel yang digunakan menggunakan teknik cluster random dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari dua kelas. Hasil penelitian terhadap pemanfaatan media pembelajaran interaktif berupa wordwall pada gameshow quiz ini mengalami perubahan signifikan pada pola interaksi peserta didik terhadap materi teks deskripsi. Oleh karena itu, hasil yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Waru pada kelas VII ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman teks deskripsi yang terdapat pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penggunaan media Gameshow Wordwall. Hal ini memperoleh nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen adalah 65,8, sedangkan nilai rata-rata posttest mencapai 84,2, menunjukkan peningkatan sebesar 28%. Sementara itu, kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional hanya mengalami peningkatan sebesar 12%, dari nilai rata-rata 66,2 menjadi 74,1. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Pemanfaatan media pembelajaran Gameshow Quiz Wordwall dalam pemahaman teks deskripsi telah terbukti memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa. Melalui implementasi media interaktif ini, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang tercermin dari tingginya tingkat partisipasi dan antusiasme selama proses pembelajaran berlangsung. Data hasil belajar mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep, struktur, dan kebahasaan teks deskripsi, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam mengidentifikasi ciri-ciri teks deskripsi dengan lebih akurat dan menghasilkan teks deskriptif yang lebih berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...