Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Pola Pembelajaran Guru Dengan Alat Bantu Media Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini di PAUD Choriunnisa Kota Bandar Lampung

Simbolon, Dina Anna Maria (Unknown)
Suherman, Suherman (Unknown)
Siregar, Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Sejak usia dini, diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Sebagai pendidik harus melatih anak dalam mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya dapat dimulai dengan memberi contoh terhadap hal-hal kecil, seperti meminta maaf apabila telah melakukan kesalahan, mengucapkan permisi ketika akan melewati kerumunan orang-orang yang sedang duduk, dan mengucapkan terima kasih ketika diberi sesuatu oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional, bagaimana kecerdasan sosial emosional anak dan faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dilihat dari menciptakan suasana yang kondusif saat pembelajaran berlangsung, keaktifan anak didik, dan media pembelajaran sudah optimal, cukup baik dan ada suatu keberhasilan, (2) hasil kecerdasan sosial emosional anak, (3) faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran guru dengan alat bantu media, faktor pendukung yaitu pembelajaran lebih efektif dan efisien, pendidik menyampaikan materi tidak terlalu panjang dan membuat anak aktif dan faktor penghambat yaitu kurangnya bahan media pembelajaran dan kurangnya kreatif guru dalam memilih media.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...