Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali secara mendalam proses pembentukan konsep diri duta Pendidikan Sosiologi Untirta dalam membangun citra Jurusan, dan apakah konsep diri tersebut berjalan ke arah positif atau negatif dengan menggunakan teori Interaksionalisme Simbolik George Herbert Mead. Menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pembentukan konsep diri duta Pendidikan Sosiologi dalam membangun citra Jurusan berjalan ke arah yang positif. Karena pada aspek pikiran (Mind) duta Pendidikan Sosiologi telah dapat menafsirkan serta mengidentifikasi peranan mereka sebagai duta Jurusan dikarenakan adanya interaksi serta komunikasi yang memunculkan simbol yang mereka maknai dari awal pembekalan hingga penugasan. Kemudian pada aspek diri (Self) duta Pendidikan Sosiologi mampu menjadi aku (I) dan diriku (Me), dari yang awalnya spontan melakukan apa yang diinginkan menjadi terkontrol karena memahami statusnya sebagai duta. Dan yang terakhir dari aspek masyarakat (Society) duta Pendidikan Sosiologi berinteraksi dengan sesama duta, Mahasiswa, dosen dan yang lainnya, serta mereka mampu beradaptasi dan menerima ekspetasi yang muncul.
Copyrights © 2025