Produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) adalah tujuan dari penelitian ini. Subjek penelitian meliputi enam orang ahli yang terdiri atas masing-masing dua orang ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Sebanyak delapan orang guru serta 10 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk, dan 30 orang siswa untuk mengukur efektivitas produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini dianalisis memakai rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Penelitian ini berhasil mengembangkan produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang berjudul Berlibur di Rumah Bima.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes. Karakteristik buku cerita bermuatan Tri Hita Karana menceritakan elemen Tri Hita Karana kehidupan tokoh di kehidupan sehari-hari. Elemen-elemen tersebut meliputi: sikap selalu bersyukur (parhyangan), menghormati sesama manusia (pawongan), dan mengasihi alam dan lingkungan (palemahan). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya: 1) analisis uji validitas memperoleh rata-rata 4,92, berada pada interval 4,21 ≤ Rv ≤ 5,00. Hasil ini menunjukkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana kategorinya sangat valid. 2) kepraktisan buku menunjukkan rerata 3,72, berada di interval 3,50≤ Rk ≤4,00 sehingga kategorinya sangat praktis. (3) pada uji-t, nilai Sig.(2-tailed) <0,05 bernilai signifikan. Kesimpulan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana pada Subtema Globalisasi di Sekitarku kelas VI SD yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif.
Copyrights © 2024