Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD dan untuk mengembangkan media interaktif yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan model ADDIE melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian LORI (Learning Object Review Instrument) kepada dua dosen ahli media dan dua dosen ahli materi, lembar penilaian UEQ (User Experience Questionnaire) tujuh guru kelas V SD, dan lembar tes hasil belajar kepada tiga puluh siswa kelas V SD. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media interaktif berbasis web yaitu 4,6 dengan klasifikasi sangat tinggi dan validitas materi yaitu 4,5 dengan klasifikasi sangat tinggi. Data hasil uji kepraktisan dianalisis menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire) dengan hasil sebesar 3,92 dengan klasifikasi excellent. Uji efektifitas dianalisis menggunakan rumus N-Gain memperoleh skor 0,75 dengan kategori efektif. Oleh karena itu, media interaktif berbasis web terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD.
Copyrights © 2024