PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 8 No 2 (2024): Agustus, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

S. Maharani (Unknown)
Destiniar (Unknown)
E.F.P. Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 144 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 144 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen (True Experimental Design) dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrument tes berupa soal posttest.Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu 59 siswa SD Negeri 144 Palembang. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas kelas eskperimen yaitu 0,085 ≥ 0,05 dan kelas kontrol adalah 0,026 ≥ 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t-test diperoleh nilai thitung yaitu 9,882 dan ttabel yaitu 2,002, berarti thitung ≥ ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 144 Palembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 144 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...