Dewasa ini masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini diakui dan dirasa perlu karena berpengaruh bagi tumbuh kembang anak agar berkarakter, cerdas, dan kreatif. Usia dini inilah waktu yang paling tepat untuk meletakkan dasar pendidikan nilai moral sosial kepada anak. Peran orang tua sebagai peletak dasar pembangunan moral sosial anak adalah yang utama. Namun, peran guru PAUD, atau setingkatnya, juga penting dalam meletakkan dasar moral sosial seorang anak karena anak-anak senang mendengar dan menuruti perintah gurunya. Oleh karena itu, guru harus senantiasa berupaya dengan berbagai cara agar dapat membimbing peserta didiknya untuk memiliki kepribadian yang dilandasi dengan nilai moral sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media belajar audio-visual bagiperkembangan moral sosial anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian terbatas pada usaha untuk mengungkapkan suatu keadaan sebagaimana adanya sehingga bersifat sekadar untuk mengungkapkan fakta. Hasil penelitian menunjukkan hampir semua siswa dalam setiap butir penilaian berada dalam penilaian MB (Masih Berkembang), bahkan ada beberapa siswa pada beberapa butir penilaian yang mulai menunjukkan hasil BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Mengingat tahun ajaran ini merupakan tahun ajaran baru bagi siswa kelas A di PAUD An -Najjah,Kota Bekasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh, dapat dikatakan bahwa penggunaan media belajar audio-visual untuk perkembangan moral sosial anak usia dini sudah cukup berhasil.
Copyrights © 2021