Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan sikap nasionalisme siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS materi rukun dalam perbedaan; 2). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS materi rukun dalam perbedaan. 3). Mendeskripsikan solusi mengatasi hambatan dalam penanaman sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran IPS materi rukun dalam perbedaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket sikap nasionalisme siswa dan pedoman wawancara semi terstruktur (Semistructure Interview). Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1). Sikap nasionalisme siswa kelas VI masuk dalam kategori kuat, dengan perolehan total skor 2.462 atau 71,73%. 2). Faktor yang mempengaruhi sikap nasionalisme siswa adalah faktor motivasi diri siswa, faktor keluarga, dan faktor sekolah. 3). Solusi untuk mengatasi hambatan dalam penanaman sikap nasionalisme siswa adalah dengan menjalin komunikasi yang baik antara guru dengan kepala sekolah, guru dengan orang tua siswa, dan guru dengan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023