Kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan.  Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana peran kepala sekolah, persepsi guru, serta hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas prestasi akadmik dan non akademik. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif sederhana dengan   informan/responden kepala sekolah dan 30 guru. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  peran kepala sekolah dalam meningkatkaan kualaitas  akadmeik dilakukan melalui upaya menetapkan tujuan pendidikan jangka pendek dan jangka panjang yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batasan waktu,  dan supervisi akademik yang rutin dan terjadwal. Sedaangkana non akademik dilakukana melalui pengembangan program ekstrakurikuler yang beragam, melibatkan orangtua dalam perencanaan strategi  memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekolah. Persepsi guru terkait peran kepala sekolah sudah menunjukkan kategor sangat baik. Hambatan yang dihadapi  variasi tingkat kemampuan dan gaya belajar peserta didik yang beragam,  dan tantangan psikososial bagi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024