Jalan Keramat memiliki arus lalu lintas yang tinggi disebabkan penggunaan lahan seperti permukiman, dan perdagangan dan jasa, serta memiliki kondisi hambatan samping yang sangat tinggi dikarenakan adanya parkir di badan jalan dan terdapat aktivitas "Pasar Tumpah" yang dapat mengurangi lebar efektif jalur lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja ruas Jalan Keramat akibat pengaruh on-street parking dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu data geometrik jalan, volume lalu lintas, kecepatan, dan hambatan samping. Perhitungan yang digunakan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kinerja jalan pada ruas Jalan Keramat dengan on-street parking pada akhir pekan tepatnya pada jam pasar sampai pada level E, dimana nilai Derajat Kejenuhan sebesar 0,90. Sedangkan kinerja jalan pada ruas Jalan Keramat dengan on-street parking pada hari kerja sampai pada level D, dimana nilai Derajat Kejenuhan sebesar 0,80. Strategi peningkatan kinerja jalan yaitu dengan penertiban "Pasar Tumpah", penataan off-street parking mobil, serta penguatan peran juru parkir.
Copyrights © 2025