Degradasi moral generasi muda yang ditandai dengan melemahnya nilai-nilai akhlak menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan saat ini. Krisis akhlak yang terjadi di tengah masyarakat menunjukkan perlunya penguatan pendidikan akhlak sebagai upaya strategis untuk membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji model pendidikan akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di SMA IT Budjemak Subang, yang mencakup tujuan, materi, metode, dan evaluasi pendidikan akhlak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan akhlak di SMA IT Budjemak diimplementasikan melalui program pembiasaan yang konsisten dan terstruktur. Program tersebut meliputi budaya 3S yaitu senyum, sapa, dan salam, serta kegiatan keagamaan rutin di pagi hari berupa tadarus Al-Quran, istighosah, pembacaan Asmaul Husna, shalat dhuha, dan shalat dzuhur berjamaah. Pendidikan akhlak di SMA IT Budjemak berhasil membentuk karakter religius siswa menjadi lebih baik. Model pendidikan akhlak berbasis pembiasaan yang diterapkan secara berkelanjutan terbukti efektif dalam membentuk karakter religius siswa di SMA IT Budjemak Subang
Copyrights © 2025