Jurnal Ilmiah Al-Hadi
Vol 11 No 1 (2025): Juli - Desember

BUDAYA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VIII MTs HASANUDDIN MEDAN

Dewi, Sartika (Unknown)
Harahap, Abdi Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Fenomena dekadensi moral di kalangan remaja, seperti kurangnya disiplin, rendahnya rasa hormat terhadap guru dan teman sebaya, serta meningkatnya pengaruh negatif lingkungan, menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Keberhasilan pembelajaran ini tidak hanya ditentukan oleh materi yang diajarkan, melainkan sangat dipengaruhi oleh budaya komunikasi yang dibangun guru dalam interaksi dengan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya komunikasi guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Hasanuddin Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan Kepala Madrasah, guru Aqidah Akhlak, dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya komunikasi guru Aqidah Akhlak terbentuk melalui pola komunikasi verbal dan nonverbal yang santun, dialogis, dan edukatif. Komunikasi ini berperan bukan hanya sebagai sarana penyampaian ilmu, tetapi juga sebagai teladan yang membentuk kedisiplinan, tanggung jawab, dan akhlak mulia siswa. Faktor pendukung mencakup kompetensi komunikasi guru, dukungan sekolah, keterlibatan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, perbedaan karakter siswa, dan pengaruh lingkungan pergaulan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya komunikasi guru Aqidah Akhlak efektif dalam mendukung pembentukan karakter siswa, meskipun masih diperlukan strategi komunikasi yang lebih inovatif, humanis, dan kolaboratif. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan model pembelajaran Aqidah Akhlak yang berorientasi pada pembinaan karakter serta inspirasi bagi guru dalam membangun budaya komunikasi yang mendidik dan menumbuhkan akhlak mulia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alhadi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Al-Hadi is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies. Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in ...