PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Dampak Privatisasi BUMN terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia

Mahfudz Rizal Setiawan (Unknown)
Raka Dhamang Pangaribawan (Unknown)
Bayu Aji Fadiansyah (Unknown)
Saif Maulana Putra Susila (Unknown)
Galang Andi Sunarto (Unknown)
Diana Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap penanaman modal asing di Indonesia, dengan fokus pada pengaruh kebijakan privatisasi, faktor-faktor penentu efektivitasnya, serta dampak positif dan negatif yang timbul. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap data primer (peraturan perundang-undangan seperti UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN dan UU No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal) serta data sekunder (jurnal, buku, dan artikel terkait). Hasil penelitian menunjukkan bahwa privatisasi BUMN berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penanaman modal asing melalui penciptaan iklim usaha yang transparan, efisien, dan kompetitif, serta penerapan prinsip good corporate governance. Faktor-faktor seperti kepastian hukum, konsistensi kebijakan, dan kualitas tata kelola internal BUMN menjadi kunci dalam menarik investor asing. Namun, privatisasi juga membawa risiko seperti berkurangnya kedaulatan ekonomi dan konflik kepentingan jika tidak diimbangi dengan pengawasan negara yang kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah privatisasi BUMN dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan investasi asing, asalkan dilaksanakan dengan mempertimbangkan prinsip konstitusi ekonomi, kepentingan nasional, dan perlindungan publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...