Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi sebanyak 155 siswa MTs Al-Ihsan Pondok Gede Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan 15 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 26,188 > ttabel 3,081 dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1168,811 + 3,081X, yang berarti setiap peningkatan satu unit kecerdasan emosional akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 3,081 poin. Besarnya kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,818 atau 81,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai
Copyrights © 2025