PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2025): EDISI OKTOBER, 2025

PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR

Ahya, Istiqomah Nur (Unknown)
Mariana, Sri (Unknown)
Anas, Marnisyah (Unknown)
Wulandari, Tri Asthi (Unknown)
Putri, Elsa Amelia (Unknown)
Naila, Dhea (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Model flipped classroom merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang menempatkan kegiatan belajar awal di luar kelas melalui video pembelajaran, sementara kegiatan di dalam kelas difokuskan pada diskusi dan penerapan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linear. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Sarolangun sebanyak 60 orang yang dibagi menjadi dua kelas. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemandirian belajar dan hasil belajar mahasiswa setelah diterapkannya model flipped classroom. Dengan demikian, model ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika tingkat perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...