Pendidikan karakter merupakan fondasi utama dalam pembentukan kepribadian peserta didik sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam mewujudkan pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode systematic literature review (SLR) terhadap artikel ilmiah terbit tahun 2019–2025 yang diperoleh melalui aplikasi Publish or Perish dari Google Scholar. Dari 987 artikel awal, dilakukan proses penyaringan berdasarkan kesesuaian topik, kelayakan publikasi, dan akses teks penuh hingga tersisa 6 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kolaborasi orang tua dan guru berperan penting dalam membentuk nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kemandirian, dan akhlakul karimah melalui tiga model utama: komunikasi langsung dan informal, program sekolah seperti parenting class dan pelaporan digital, serta kolaborasi tripusat pendidikan. Tantangan yang muncul meliputi keterbatasan waktu, kesenjangan sosial ekonomi, dan minimnya komunikasi dua arah. Solusi yang diusulkan adalah pelatihan parenting, pemanfaatan teknologi digital, dan penguatan forum komunikasi sekolah-keluarga. Kolaborasi antara orang tua dan guru menjadi komponen inti dalam keberhasilan pendidikan karakter siswa sekolah dasar
Copyrights © 2025