JCE (Journal of Childhood Education)
Vol 8 No 1 (2024): JCE (Journal of Childhood Education) Maret - Agustus 2024

Pelatihan Emergency Drills Pada Guru TK se-Kota Tanjungpinang untuk Meningkatkan Sikap Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat Bencana Alam

Rosa, Nadya Nela (Unknown)
Retnaningsih, Lina Eka (Unknown)
Putra, Roby Maiva (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

atan pengenalan bencana alam yang dilakukan selama ini adalah bercerita tentang pengenalan macam-macam bencana alam yang pernah terjadi di lingkungan sekitar. Hal tersebut karena belum adanya pelatihan yang diterima guru terkait tentang penerapan emergency drills pada anak usia dini di sekolah. Tujuan pengabdian ini adalah agar guru TK se-Kota Tanjungpinang bisa menerapkan emergency drills di masing-masing sekolah, sehingga masing-masing anak usia dini memiliki pengetahuan dan sikap tanggap darurat apabila terjadi bencana di sekitar tempat tinggalnya.  Melalui kegiatan emergency drills ini anak akan bisa menerapkan perilaku apa yang segera dilakukan dalam menghadapi setiap jenis bencana yang ada. Jika pendidikan kebencanaan ini diberikan sejak anak berusia dini, hal ini akan menjadi pembiasaan sikap tanggap dan siap siaga menghadapi bencana. Metode  yang  akan  digunakan  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  yaitu Participatory Action Research (PAR). Hasil menunjukkan bahwa guru TK senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan emergency drills. Pada saat menerapkan hasil pelatihan emergency drills di lembaga masing-masing, anak didik usia dini merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh guru. Anak usia dini mengikuti kegiatan emergency drills ini dengan serius dan melaksanakan perintah sesuai dengan instruksi yang telah disampaikan guru sebelumnya. Melihat pentingnya kegiatan emergency drills dan antusiasme anak didik dalam mengikuti kegiatan yang sudah dilakukan, Kepala sekolah dan Guru TK berkomitmen akan memprogramkan dan melaksanakan kegiatan emergency drills ini secara rutin dengan format pelaksanaan yang bervariasi. Pelatihan emergency drills ini bisa meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan deteksi dini bencana alam pada guru dan anak usia dini di Kota Tanjungpinang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCE

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JCE - Journal of Childhood Education aims to provide a forum for international researchers on applied Education and Childhood Growth. Our Journal will accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for ...