JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Topik “Leuit: Tatali Paranti Karuhun dalam Ketersediaan Pangan” untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains

Tela Piyana (Unknown)
Dwi Indah Suryani (Unknown)
Annisa Novianti Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan satu dari sekian kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 ialah. Dimana bahan ajar ialah salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik. Bahan ajar dalam bentuk e-modul kemudian bisa menjadi salah satu solusi untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains seperta didik dengan mengintegrasikannya dengan model pembelajaran Problem based learning yang mengangkat topik isu ketersediaan pangan dilingkungan masyarakat adat. Metode yang digunakan ialah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dibatasi pada tahap development. Sample yang digunakan berjumlah 33 orang peserta didik dengan 9 ahli validator. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kevalidan produk ialah angket validasi dan angket untuk uji keterbacaan peserta didik. Hasil persentase penilaian validasi sebesar 85,68% dengan kategori “Sangat layak”, dan hasil persentase uji keterbacaan peserta didik sebesar 83,17% dengan kategori “Baik”. Sehingga e-modul ini dapat digunakan dilapangan dengan revisi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...