JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Edukasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Jorong Koto Tuo Tanjung Sijunjung

Parma Dewi, Ika (Unknown)
Amanda Harmi, Bintang (Unknown)
Anuggrah Lestari, Gina (Unknown)
Mailani Putri, Aoultria (Unknown)
Ilahi, Kurnia (Unknown)
Mardisi, Putri (Unknown)
Ardila, Yulisma (Unknown)
Zahratul, Zahratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas program edukasi dalam memberdayakan masyarakat terkait pengelolaan sampah rumah tangga di Jorong Koto Tuo Tanjung Sijunjung. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan partisipatif (PAR), studi ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat lokal dalam identifikasi masalah, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program edukasi yang komprehensif, mencakup sosialisasi konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle), pelatihan pemilahan sampah, dan teknik pembuatan kompos, berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat secara signifikan. Perubahan perilaku positif, seperti peningkatan praktik pemilahan sampah di tingkat rumah tangga dan pengurangan kebiasaan pembakaran sampah, mulai teramati, didukung oleh munculnya inisiatif lokal dan pembentukan tim penggerak sampah dalam komunitas. Meskipun demikian, tantangan terkait konsistensi perilaku dan ketersediaan infrastruktur pengelolaan sampah yang memadai masih menjadi kendala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa edukasi merupakan instrumen vital dalam proses pemberdayaan masyarakat untuk mencapai pengelolaan sampah yang lebih berkelanjutan, namun keberlanjutannya sangat bergantung pada dukungan infrastruktur, komitmen kolektif, dan kolaborasi multi-pihak yang terus-menerus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...