JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Case Method terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengubah Bentuk Energi di Kelas IV SD Negeri 3 Teupin Raya Kabupaten Pidie

Nadia, Shafira Sri (Unknown)
Tursinawati, Tursinawati (Unknown)
Vitoria, Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Method terhadap hasil belajar siswa pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SD Negeri 3 Teupin Raya Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Teupin Raya Kabupaten Pidie yang berjumlah 36 orang, dengan sampel penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 18 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif berupa 10 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Analisis data menggunakan uji N-Gain Score, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 67,07% (kategori cukup efektif), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 46,98% (kategori kurang efektif). Uji normalitas data N-Gain Score menunjukkan bahwa data kelas eksperimen (0,194) dan kelas kontrol (0,528) berdistribusi normal (Sig. > 0,05). Uji homogenitas menunjukkan nilai Sig. 0,740 > 0,05, yang berarti data bersifat homogen. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Case Method terhadap hasil belajar siswa pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SD Negeri 3 Teupin Raya Kabupaten Pidie. Model pembelajaran Case Method terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, mendorong partisipasi aktif, berpikir kritis, dan kolaborasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...