JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN Baddurih Materi Bilangan Cacah

Dwiyanto, Febri (Unknown)
Wulandari, Rika (Unknown)
Hotimah, Dewi Hosnol (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Baddurih. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yang artinya seluruh populasi dijadikan sebagian sampel sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis siswa, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan lembar angket respon siswa dengan penggunaan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada posttest untuk kelas kontrol sebesar 67,35 dan kelas eksperimen sebesar 79,30. Hasil uji hipotesis independent sample t-test dari hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,025 dan thitung > ttabel yaitu 3,637 > 2,042. Berdasarkan hasil tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, maka terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV materi bilangan cacah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...