JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Simpan Pinjam Perempuan (Studi Kasus Nagari IV Koto Palembayan Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam)

Hamdani, Rafli (Unknown)
Puteri, Hesi Eka (Unknown)
Asyari, Asyari (Unknown)
Rahman, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program SPP di Nagari IV Koto Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program SPP telah memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian visi dan misi PNPM-MP, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi perempuan dan pengurangan ketergantungan terhadap rentenir. Namun, efektivitas program masih belum optimal karena dana pinjaman kerap digunakan untuk kebutuhan konsumtif, minimnya pelatihan usaha, serta lemahnya sistem monitoring dan evaluasi. Beberapa anggota berhasil mengembangkan usaha kecil seperti warung dan pertanian, tetapi sebagian lainnya mengalami stagnasi pendapatan akibat keterbatasan akses pasar dan kondisi eksternal lainnya. Analisis efektivitas berdasarkan teori Henderson menunjukkan bahwa meskipun proses administrasi berjalan baik, terdapat celah dalam aspek kualitas proses dan pemanfaatan output. Oleh karena itu, peningkatan efektivitas program SPP memerlukan penguatan pelatihan kewirausahaan, pendampingan berkelanjutan, dan perbaikan sistem pengawasan internal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar rekomendasi kebijakan untuk mendorong keberlanjutan program pemberdayaan berbasis syariah di wilayah pedesaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...