JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Metode Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Poster terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Sakti

Riyanti, Putri (Unknown)
Zahara, Zahara (Unknown)
Darni, Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write berbantuan media poster terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sakti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan: rancanganControl group pre-tes pos tes design. Penelitian ini di laksanakan di di SMA Negeri 1 Sakti di kelas X semester genap tahun ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri 2 kelas yaitu kelas X1 dengan jumlah 22 siswa dan kelas X2 dengan jumlah 18 siswa. Untuk menentukan kelas penelitian dilakukan dengan cara total sampling maka didapat kelas X1 sebagai kelas ekperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas X2 berjumlah 33 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan Penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media poster pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi uang dan perbankan kelas X SMA Negeri 1 Sakti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...