JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengembangan Media Flashcard Multimedia Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Pemahaman Seksualitas Anak Usia 5–6 Tahun

Amalia, Reni (Unknown)
Muazzomi, Nyimas (Unknown)
Hasni, Uswatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media flashcard multimedia interaktif berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman seksualitas anak usia 5–6 tahun di TK Kelurahan Mendalo Darat. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi 9 guru dan 37 anak di empat TK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, ahli media, dan angket respon guru. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 97,73% dan ahli media 95%, dengan kategori “sangat baik”. Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan hasil 90,08% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media flashcard multimedia interaktif berbasis Augmented Reality layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman seksualitas anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...