JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Alur Pelayanan dan Waktu Tunggu Apotek Rawat Jalan dan Rawat Inap di Rumah Sakit Otak Drs. Dr Muhammad Hatta Bukittinggi

Dewi, Ratna Sari (Unknown)
Armal, Khairil (Unknown)
Vasmawati, Della (Unknown)
K, Della Yunita Sary. (Unknown)
Anggraini, Dhiva (Unknown)
Safitri, Elsa (Unknown)
Sari, Fatwa Aulia (Unknown)
Aprilia, Indri (Unknown)
Fazira, Intan (Unknown)
Novrianti, Nisa (Unknown)
Pramudita, Risa (Unknown)
Yunelva, Rinda (Unknown)
Alamin, Silmy Anugra Tillah (Unknown)
Nabilla, Yoanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berperan penting dalam menjamin efektivitas dan keamanan terapi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan alur pelayanan dan mengevaluasi waktu tunggu pelayanan resep di instalasi farmasi rawat jalan dan rawat inap Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan observasional, dilakukan melalui pengamatan langsung selama dua hari kerja. Data waktu tunggu diperoleh dari pencatatan waktu mulai penerimaan resep hingga penyerahan obat kepada pasien, baik untuk resep non racikan maupun racikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu pelayanan resep non racikan di rawat jalan dan apotek rawat inap masih berada dalam standar pelayanan kefarmasian yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu ≤30 menit untuk resep non racikan dan ≤60 menit untuk resep racikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan kefarmasian di RSOMH telah berjalan efektif dan sesuai standar mutu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...