JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Persepsi Mahasiswa Mengenai Penegakan Hukum di Indonesia sebagai Sarana Menyuarakan Aspirasi

Ningsih, Liska Kustria (Unknown)
Situmorang, Suci Trianata (Unknown)
Sipayung, Flia Arnesta (Unknown)
Khailafizah, Siti (Unknown)
Barasa, Rubenta (Unknown)
Ivanna, Julia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penegakan hukum di Indonesia sebagai sarana menyuarakan aspirasi. Indonesia sebagai negara hukum menghadapi berbagai tantangan dalam penegakan hukum, seperti lemahnya akuntabilitas aparat, diskriminasi, dan rendahnya kepercayaan publik. Mahasiswa, sebagai agen perubahan dan kontrol sosial, memiliki peran penting dalam mengkritisi dan menyuarakan aspirasi melalui jalur hukum. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara semi-terstruktur yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Medan, menggunakan purposive sampling dengan strategi Maximum Variation Sampling (MVS). Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman (1994) dengan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memandang penegakan hukum di Indonesia masih cacat struktural, cenderung tebang pilih, dan aparat penegak hukum belum maksimal menjalankan tugasnya. Demonstrasi dianggap sebagai sarana efektif dalam menyuarakan aspirasi karena jalur hukum formal belum sepenuhnya efektif. Mahasiswa menuntut adanya penegakan hukum yang adil, transparan, dan bebas intervensi kekuasaan. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang peran strategis mahasiswa dalam mengawal negara hukum dan menjadi masukan bagi pembuat kebijakan untuk memperbaiki sistem hukum di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...