Penelitian ini didorong oleh tantangan signifikan yang dihadapi oleh siswa dalam menguasai desain busana digital melalui aplikasi Ibis Paint X, terutama karena diperkenalkannya materi desain busana pesta digital baru dan kelangkaan sumber daya instruksional cetak. Akibatnya, ada kebutuhan mendesak untuk media pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan kreatif siswa. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan modul elektronik (e-modul) dan mengevaluasi kepraktisannya untuk mengajar desain busana pesta digital untuk siswa Kelas XI Desain Busana di SMK Negeri 1 Beringin. Dengan menggunakan metodologi Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dipandu oleh model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), prosesnya mencakup validasi oleh tiga ahli materi pelajaran dan tiga ahli media, bersama dengan pengujian pada 34 siswa. Temuan mengungkapkan bahwa 96,3% siswa dan semua guru menyatakan permintaan yang kuat untuk e-modul; skor validasi dari ahli materi rata-rata 94,6%, sementara ahli media menilainya sebesar 90,7%, kedua klasifikasi menunjukkan "sangat layak." Lebih lanjut, uji coba pada kelompok kecil, menengah, dan besar menghasilkan tingkat keberhasilan masing-masing sebesar 88,2%, 93,5%, dan 95,4%, sementara penilaian oleh para pendidik desain busana mencapai 97,6%. Secara keseluruhan, sambutan positif dari siswa dan guru menunjukkan bahwa e-modul ini sangat tepat dan efektif sebagai sumber belajar untuk desain busana pesta digital, yang menegaskan kesiapannya untuk diimplementasikan secara lebih luas.
Copyrights © 2025