JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Media Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Siswa/i Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 2 Kota Jambi

Zulisa, Zulisa (Unknown)
Warna, Eka (Unknown)
Arpizal, Arpizal (Unknown)
Sari, Nurmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi berjumlah 136 siswa yang diambil melalui simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan Google Form dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara media belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai Fhitung = 4,338 > Ftabel = 3,06 dan signifikansi 0,015 < 0,05. Kontribusi kedua variabel terhadap hasil belajar sebesar 6,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini menegaskan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang tepat serta pengelolaan motivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...