Keterampilan berpikir tingkat tinggi mencakup keterampilan menggunakan logika dan penalaran, menganalisis, mengevaluasi, mencipta, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam penelitian ini meliputi keterampilan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) sesuai dengan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA Negeri 8 Jeneponto. Jumlah sampel sebanyak 110 siswa dengan metode penentuan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tes diberikan dalam bentuk esai yang dinilai menggunakan rubrik penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Diane Hart (1999). Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada ranah kognitif C4 (analisis) sebesar 55,23 dengan kategori rendah, pada ranah kognitif C5 (evaluasi) sebesar 62,27 dengan kategori sedang, dan pada ranah kognitif C6 (mencipta) sebesar 55 dengan kategori rendah. Sehingga nilai rata-rata keseluruhan adalah 57,14 dengan kategori rendah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 8 Jeneponto tergolong rendah.
Copyrights © 2025