JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengembangan Media Bigbook dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Demokrasi di Sekolah Dasar

Zya, Riefqya Wifdhama (Unknown)
Wicaksono, Vicky Dwi (Unknown)
Paksi, Hendrik Pandu (Unknown)
Puspita, Ari Metalin Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Pendidikan Pancasila merupakan bagian penting dari pendidikan dasar karena bertujuan mengembangkan karakter, moralitas, kesadaran kebangsaan, serta tanggung jawab sosial peserta didik. Salah satu materi pokok dalam Pendidikan Pancasila adalah demokrasi yang menekankan pada hak dan kewajiban, keadilan, penghargaan terhadap perbedaan, serta pengambilan keputusan bersama. Penyampaian konsep demokrasi di sekolah sering kali masih bersifat abstrak dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini mengembangkan media Big Book sebagai sarana pembelajaran inovatif untuk menghadirkan materi demokrasi secara lebih konkret, visual, dan interaktif. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik kelas V di SDN Lontar 481. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Big Book dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli, praktis menurut respons guru dan siswa, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep demokrasi. Peningkatan pemahaman ditunjukkan melalui hasil post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test, serta respons positif dari siswa yang menilai media menarik dan mudah dipahami. Media Big Book dapat menjadi alternatif efektif untuk memperkaya strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya dalam penyampaian materi demokrasi di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...