Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 2 Sangatta Utara serta bagaimana penerapan evaluasi berbasis tujuan dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Sangatta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, siswa, serta kepala sekolah sebagai pihak yang berperan dalam implementasi evaluasi berbasis tujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Sangatta Utara menerapkan dua pendekatan utama: pembelajaran terpadu dan pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran terpadu memungkinkan siswa memahami materi secara holistik dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu, didukung teori konstruktivisme Piaget dan Vygotsky. Sementara itu, pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan efektivitas belajar melalui platform digital, evaluasi interaktif, dan metode blended learning. Meskipun bermanfaat, tantangan seperti akses teknologi dan kesiapan guru masih menjadi kendala.
Copyrights © 2025