JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Penerapan Evaluasi Berbasis Tujuan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sangatta Utara

Aisyah, Nur (Unknown)
Faelasup, Faelasup (Unknown)
Mukhtar, Mukhtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 2 Sangatta Utara serta bagaimana penerapan evaluasi berbasis tujuan dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Sangatta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, siswa, serta kepala sekolah sebagai pihak yang berperan dalam implementasi evaluasi berbasis tujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Sangatta Utara menerapkan dua pendekatan utama: pembelajaran terpadu dan pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran terpadu memungkinkan siswa memahami materi secara holistik dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu, didukung teori konstruktivisme Piaget dan Vygotsky. Sementara itu, pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan efektivitas belajar melalui platform digital, evaluasi interaktif, dan metode blended learning. Meskipun bermanfaat, tantangan seperti akses teknologi dan kesiapan guru masih menjadi kendala.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...